Sunday, April 28, 2019

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Kali ini saya akan membahas mengenai penyebab kulkas satu pintu tidak dingin dan cara mengatasinya.

Perlu di ketahui bahwa komponen elektronik pada kulkas satu pintu tidak sebanyak seperti komponen yang terdapat pada kulkas dua pintu atau lebih.

Kulkas satu pintu cenderung lebih simpel atau sederhana. Hanya terdapat beberapa komponen saja. Jadi, dengan kata lain, cara memperbaikinya pun cenderung lebih mudah.

Dan berikut ini beberapa penyebab kulkas satu pintu tidak dingin dan cara mengatasinya.

Colokan

Hal pertama yang harus kami cek adalah colokan kabelnya. Karena bisa jadi ada kabel yang putus sehingga membuat kulkas tidak hidup. Terutama bagi kalian yang kulkas dirumahnya sudah tidak ada lampu atau penerangan -- lampu kulkas sudah putus misalnya. Karena akan sulit melihat apakah kulkas tersebut dalam keadaan hidup atau mati.

Berbeda jika lampu kulkas mu masih dalam keadaan hidup. Kamu bisa melihat lampu sebagai penanda bahwa kulkas tersebut hidup atau tidak.

Thermostat

Thermostat adalah alat sebagai pengatur suhu pada kulkas. Jika alat ini rusak maka kompresor tidak akan bekerja. Untuk memeriksa thermostat kamu harus membuka casing thermostat tersebut. Gunakan obeng untuk membukanya, setelah terbuka maka kamu bisa melepas thermostat tersebut untuk mengukurnya.

Jika kamu tidak memiliki alat ukur, maka ada satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah thermostat tersebut mati atau masih hidup.

Caranya adalah dengan melepas dua kabel yang terhubung ke socket thermostat. Nah, coba deh kamu sambungkan kedua kabel tadi. Tidak usah takut, langsungkan saja. Jika sudah maka silahkan hidupkan kulkas.

Lihat apakah mesin kompresor hidup atau tidak, jika hidup maka sudah dapat di pastikan bahwa thermostat tadi mengalami kerusakan. Namun jika kompresor tetap saja mati, maka kemungkinan ada kerusakan di komponen lainnya.

Jika thermostat rusak maka sebaiknya ganti alat tersebut dengan yang baru, karena thermostat tidak bisa di perbaiki. Jadi kalau sudah rusak, ya sudah ganti dengan yang baru.

Overload

Overload adalah sebuah alat sebagai pemutus kompresor jika kompresor mengalami overheating atau terlalu panas. Nah, jika overload rusak maka itu akan membuat kompresor tidak mau hidup.

Ciri - ciri overload rusak bisa kamu lihat dengan tanda seperti hangus terbakar. Jika ciri itu sudah kamu lihat , maka jangan ragu untuk mengganti overload protek dengan yang baru.

Cara membuka overload adalah dengan cara membuka casing seperti box kecil di sisi samping kompresor. Disana kamu akan melihat overload protek dan relay.

Relay PTC

Relay PTC adalah alat yang berfungsi sebagai penggerak kompresor. Jika relay rusak maka akan membuat kompresor tidak mau hidup.

Posisi relay persis berada pada satu tempat di mana overload protek berada. Karena memang pemasangannya terletak pada pin soket kompresor.

Relay yang rusak biasanya mengalami perubahan bentuk seperti retak, pecah atau bersuara koclak ketika di goyangkan. Coba saja goyangkan relay dengan keras, jika seperti ada suara koclak atau suara seperti serpihan pasir, maka dapat dipastikan relay tersebut sudah rusak. Coba saja ganti relay dengan yang baru.

Kompresor

Mesin kompresor merupakan komponen paling vital di dalam sistem kulkas. Kompresor lah yang menghasilkan udara dingin di dalam sistem pendingin. Jika kompresor short, macet atau lemah, maka alat tersebut tidak akan bisa menghasilkan udara dingin.

Ciri kompresor rusak biasanya adalah overheating (panas berlebih), berisik, menahan atau mati total.

Jika kompresor sudah benar - benar rusak, maka mengganti kompresor dengan yang baru harus segera di lakukan.

Atau jika kamu merasa harga kompresor sangat mahal, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti kulkasmu dengan yang baru.

Freon

Freon atau gas refrigirant merupakan zat pendingin di dalam sistem pendingin. Jika kulkas tidak ada freon maka tidak mungkin dapat menghasilkan dingin.

Untuk kasus freon biasanya terjadi kebocoran instalasi, kekurangan karena usia kulkas dan juga kebuntuan sirkulasi.

Untuk kebocoran, maka mencari titik kebocoran dan mengelas merupakan langkah yang harus di lakukan. Setelah itu kamu bisa mengisi ulang freon.

Itu tadi beberapa penyebab kulkas satu pintu tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga sekiranya dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.