Friday, April 5, 2019

Pintu Kulkas Tidak Rapat ? Ini Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya !

Pintu Kulkas Tidak Rapat ? Ini Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya !

Jangan pernah menyepelekan pintu kulkas yang tidak rapat. Jika Anda melakukannya, maka siap-siap saja kulkas dirumah anda akan segera rusak.

Kerapatan pintu kulkas sangat penting, karena pada dasarnya kulkas yang mengalami masalah pada pintu akan memicu berbagai keluhan seperti kurang dingin, air keluar dari dalam dan kerusakan serius lainnya.

Kerusakan yang dipicu oleh ketidakrapatan pintu kulkas :

1. Dingin berkurang
2. Dingin Separo
3. Air keluar
4. Kerusakan kompresor
5. Kerusakan Part

Lalu apa saja yang membuat pintu kulkas menjadi tidak rapat ? Baik ! Saya akan jelaskan satu persatu.

Pertama adalah engsel pintu yang turun. Jika engsel pintu mengalami pergerakan kebawah maka akan membuat pintu seperti tertahan, ini menyebabkan pintu menjadi tidak rapat ketika ditutup . Untuk masalah engsel pintu, biasanya disebabkan oleh keroposnya body yang terletak di bagian engsel. Kondisi keropos body membuat dudukan engsel menjadi bergeser, bisa menurun atau menyamping.

Anda bisa melihat posisi pintu, perhatikan apakah miring atau seolah turun. Jika iya maka kemungkinan engsel pintu mengalami penggeseran posisi. Anda bisa memperbaiki posisi engsel dengan cara mengendurkan skrup engsel dan membenarkan posisinya. Jika body terlalu keropos, maka anda bisa melakukan permak body untuk membuat dudukan engsel baru.

Kedua yang menyebabkan pintu tidak rapat adalah kondisi karet yang sudah tidak layak. Sudah robek atau kaku sehingga menimbulkan lipatan. Masalah karet juga bisa hanya karena disebabkan oleh posisi dalam karet yang keluar dari kuncian atau jalur. Jika karet mengalami kerusakan parah, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi, kedua masalah tadi yang paling sering terjadi. Karena pintu yang tidak rapat memang hanya disebabkan oleh dua hal tersebut. Karet yang rusak, atau bisa karena engsel pintu yang sudah tidak benar.

Sebagai tambahan, pastikan bahwa anda tidak memasukan barang kedalam kulkas secara berlebihan. Yang sehingga, nantinya akan membuat pintu kulkas terganjal. Meletakan botol minuman di rak pintu secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Hal itu hanya akan membuat pintu menerima beban berlebih yang mungkin saja akan membuat pergeseran engsel.


Artikel Terkait

Pintu Kulkas Tidak Rapat ? Ini Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.