Saturday, November 30, 2019

Pengalaman Memperbaiki Pipa Besar Ac Keluar Es Sampai Ke Evap Indoor



Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai pengalaman memperbaiki pipa besar Ac keluar es sampai ke evap indoor. Saya membuat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Pipa Besar Pada Ac Keluar Es Atau Pembekuan

Beberapa kali saya menemui permasalahan ini, jika saya boleh rangkum, maka setidaknya ada 4 masalah yang membuat pipa besar pada Ac keluar es.

Pertama unit terlalu kotor, fan atau kipas mati, press kompresor lemah dan tekukan pipa terlalu patah atau pipa ketekuk.

Sebelum kita masuk kepembahasan paling lengkap, maka ada baiknya saya mengingatkan kalian semua mengenai betapa pentingnya melakukan service ac secara berkala.

Jangan biarkan Ac dirumah kalian terlalu kotor, karena jujur saja, masih banyak sekali pengguna ac yang melakukan service ac hanya pada saat ac tersebut sudah mengalami masalah.

Karena ac yang terlalu kotor dapat membuat ac menjadi cepat rusak. Jadi, usahakan kalian melakukan service ac minimal 3 bulan sekali.

Dan berikut ini beberapa hal yang membuat pipa besar pada ac mengeluarkan es.

1. Ac terlalu kotor

Jika ac terlalu kotor maka akan membuat hembusan angin tidak keluar, dan efeknya akan membuat evap biasanya mengeluarkan tumpukan es. Biasanya pipa besar pada ac akan menanggung akibatnya juga, pipa besar tersebut akan mengeluarkan es.

Lakukan cuci ac secara rutin untuk menghindari berbagai masalah, terutama masalag ac tidak dingin dan pembekuan pipa besar.

2. Kipas lemah atau mati

Putaran kipas bagian indoor yang pelan bahkan mati akan membuat udara dingin tidak bisa maksimal dikeluarkan, dan akibatnya adalah pembekuan pada pipa besar yang menjalar kebagian evaporator indoor.

Memeriksa puataran kipas bisa menjadi langkah efektif dalam menganalisa kasus pipa besar pada ac yang mengeluarkan es.

Jika putaran kipas lemah, maka kalian bisa mengganti kapsitor fan nya. Untuk menguatkan putaran, kalian bisa mengganti ukuran kapasitor menjadi lebih besar, namun jangan terlalu besar karena akan membuat dinamo kipas menjadi lebih panas.

3. Pipa ketekuk

Banyak saya temui dilapangan bahwa pemasangan ac yang semnrono dapat membuat pipa ac ketekuk. Kasus ini sangat banyak saya temui. Pemasangan ac yang tidak sesuai standar atau terkesan asal asalan akan membuat ac mengalami banyak masalah.

Pipa ketekuk misalnya. Beberapa kali saya menemui masalah ini. Pipa ac, khususnya pipa besar akan mengeluarkan es jika kondisi pipa mengalami kebuntuan.

Kebuntuan ini bisa dari naik oli, mampat sirkulasi dan juga pipa yang ketekuk. Jika kalian mengalami ini, ac dirumah mengalami pembekuan es pada pipa besar, maka sebaiknya kalian memeriksa apakah ada instalasi pipa yang ketekuk.

Jika ditemukan maka segera perbaiki pipa tersebut, jika jalur pipa agak membelok, maka usahakan untuk melakukan tekukan dengan kemiringan yang tidak terlalu dalam. Ini penting agar pipa tidak ketekuk yang nantinya akan membuat masalah pada unit ac.

4. Press kompresor lemah

Press kompresor lemah juga akan membuat pipa besar mengeluarkan es. Ini karena tekanan pada sirkulasi atau jalam freon tidak maksimal.

Jika masalah ini terjadi, maka kalian bisa mengganti oli kompresor agar mesin kembali gress, lakukan vacum dan isi ulang freon dengan mengikuti kesesuaian ukuran ampere.

Bisa juga melakukan flushing agar kotoran pada instalasi ac kembali bersih. Demikian tadi beberapa hal yang membuat pipa besar pada ac mengeluarkan es. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Pengalaman Memperbaiki Pipa Besar Ac Keluar Es Sampai Ke Evap Indoor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.