Wednesday, December 25, 2019

Benarkah Freon Akan Habis Saat Melepas Ac ? Atau Hanya Akal - Akalan Tukang Ac ?

Hallo teman - teman sekalian, kali ini saya akan menjawab pertanyaan yang cukup sering dibahas para pengguna Ac saat mereka melakukan bongkar pasang atau melepas Ac.



Pertanyaan tentang apakah benar saat kita melepas Ac freon akan terbuang? Jadi, ketika memasang kembali maka harus diisi freon lagi.

Pertanyaan ini sering kali keluar dari mereka saat melakukan pindah Ac, kebanyakan teknisi ac menyarankan untuk melakukan isi ulang freon saat dilakukan pemasangan.

Sebagai teknisi saya sebenarnya sudah cukup sering menjelaskan kepada pelanggan saya bahwa ketika kita melepas ac, tidak mungkin freon akan terbuang. Kecuali untuk beberapa alasan seperti kerusakan katup valve yang macet sehingga proses penguncian freon tidak dapat di lakukan.

TEKNISI BOHONG !! ?? , Tidak Juga !!

Tidak sama sekali bermaksud untuk menghakimi dan memberikan penilaian buruk terhadap rekan seprofesi, tapi sayangnya ini adalah sebuah kenyataan yang terjadi dilapangan.

Masih banyak sekali teknisi atau tukang ac yang rela melakukan praktek kecurangan hanya demi keuntungan. Jujur saja ini membuat saya sedih.

Padahal masih banyak cara untuk dilakukan dari pada melegalkan praktek kecurangan dilapangan. Jika hanya ingin mendapatkan bayaran lebih, sebenarnya kita bisa melakukan hal lain seperti menaikan tarif dari jasa kita.

Menaikan tarif harga bukan bermaksud untuk menekan pelanggan, karena memang terkadang lokasi yang sulit sering menjadi dilema buat kami sebagai tukang ac.

Saya sendiri lebih baik meminta bayaran lebih dari pada melakukan kecurangan dengan berpura pura mengisi freon. Karena jika kita menaikan tarif jasa dengan alasan tingkat kesulitan kerja, biasanya sih pelanggan bisa memaklumi. Ya, tapi tidak semua pelanggan sih, kadang ada juga yang pelit dan tidak mau tau mengenai tingkat kesulitan kita sebagai teknisi.

Penjelasan Apakah Freon Terbuang Saat Bongkar Pasang Ac ?

Saya tekankan bahwa freon ac tidak akan terbuang saat kita melepas ac, ini karena katup valve bisa kita kunci sebelum melakukan pelepasan unit ac.

Kita hanya perlu melakukan proses vacum saat nanti memasang kembali unit ac,khususnya untuk freon ac R32 dan R410 yang sifatnya lebih sensitif terhadap debu dan uap air.



Namun perlu teman - teman catat bahwa untuk jenis freon R32 dan R410, sebenarnya tidak dianjurkan hanya menambah saja ketika freon mengalami kekurangan, sebaiknya buang freon lakukan proses pemvacuman untuk selanjutnya melakukan pengisian freon ulang kembali.

Intinya, freon jenis R32 dan R410 sejatinya tidak boleh di tambah saja tanpa terlebih dahulu mengosongkan freon dan dilakukan proses vacum. Ini merujuk pada standar pemasangan yang di perbolehkan sesuai dengan SOP yang berlaku.

Dari kesimpulan diatas maka saya bisa tekankan bahwa saat kita melepas ac maka sebenarnya freon bisa kita kunci tanpa harus membuang freon tersebut. Kecuali untuk freon R32 dan R410.

Ya, walaupun jika tidak dibuang juga tidak masalah, cuma jika ingin kinerja ac tersebut lebih baik ya buang saja freonnya dan vacum kembali.


Artikel Terkait

Benarkah Freon Akan Habis Saat Melepas Ac ? Atau Hanya Akal - Akalan Tukang Ac ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.