Monday, January 6, 2020

Apa Yang Membuat Lampu Timer Pada AC Menyala Padahal Tidak Menggunakan Fitur Timer



Kenapa sih lampu timer AC hidup padahal kalian sebenarnya tidak menghidupkan fitur timer ?

Ada beberapa hal yang membuat lampu timer hidup. Muslim dari kerusakan Thermistor hingga kurangnya tekanan gas freon.

Untuk mendapatkan jawaban pasti dari pertanyaan seputar lampu timer tadi maka kita sebaiknya harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Mulai dari memeriksa remote, tekanan freon, dan juga kemungkinan dari kerusakan Thermistor.

Selain hal teknis tadi, maka memastikan kondisi AC kotor atau tidak juga perlu dilakukan. Karena beberapa kasus lampu timer hidup juga disebabkan oleh kondisi AC yang terlalu kotor.


Lampu Timer Berkedip Karena Kerusakan Thermistor

Thermistor yang rusak biasanya di tandai dengan munculnya kedap kedip pada lampu timer. Ini disebabkan karena adalah sinyal eror yang disebabkan oleh kerusakan Thermistor.

Jika hal ini terjadi maka kalian harus melakukan pemeriksaan terhadap alat ini. Untuk memeriksa sendiri sebenarnya dibutuhkan sebuah alat ukur bernama multy tester.

Jika tidak ada multy tester harus gimana ya mas?

Kalian masih bisa memeriksanya dengan cara manual. Saya sendiri sering menggunakan es batu untuk mencoba apakah Thermistor dalam keadaan baik atau tidak.

Sebelumnya kalian harus mematikan power listrik saat lampu timer berkedip atau hidup. Setelah itu hidupkan AC, biasanya AC akan hidup normal kembali. Namun jika Thermistor rusak maka kedipan lampu timer akan kembali terjadi.

Penyebab lain Timer Berkedip Adalah Kipas Indoor Mati

Penyebab lain yang membuat timer pada AC berkedip adalah kerusakan kipas, kondisi kipas yang mati akan mengirimkan sinyal kebagian modul dan memerintahkannya untuk memberikan tanda berupa lampu indikator yang berkedip.

Ini merupakan sebuah proteksi agar unit tidak hidup ketika pada kondisi kipas yang mati, untuk mengatasi permasalahan ini kita harus memperbaiki kerusakan pada kipas tersebut dan biasanya kita bisa memeriksa bagian kapasitornya dan mengukurnya dengan multitester.

Kipas yang mati belum tentu menunjukkan bahwa fan atau kipas tersebut dalam keadaan rusak, karena bisa jadi hanya kerusakan pada bagian startingnya saja, Oleh sebab itu penting sekali untuk memeriksa bagian starting atau kapasitor pada kipas tersebut.

Penyebab selanjutnya yang membuat timer berkedip adalah permasalahan freon.

Permasalahan perang freon biasanya disebabkan oleh kebocoran instalasi, unit seperti evap dan kondensor, dan pipa AC.

Sementara kedap-kedip pada lampu timer ketika AC mengalami kekurangan freon disebabkan karena adanya protect dari sistem modul.

Tanda kedip biasanya dibaca oleh thermistor pipa yang mana ketika termistor ini tidak mampu menangkap sinyal dingin yang dihasilkan oleh unit indoor.

Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya seorang teknisi akan mencari. Kebocoran dan lalu melakukan perbaikan. Karena sebenarnya ketika AC kurang freon maka sudah dapat dipastikan disebabkan oleh adanya kebocoran. Untung ada masalah kekurangan freon besok kita dapat melihat di bagian pipa atau F api yang mengeluarkan bunga es.

Oke, Mungkin itu saja penjelasan tentang Mengapa lampu timer pada AC berkedip semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.






Artikel Terkait

Apa Yang Membuat Lampu Timer Pada AC Menyala Padahal Tidak Menggunakan Fitur Timer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.