Monday, January 6, 2020

Tips Saat Pompa Air Terendam Banjir




Berikut ini adalah beberapa tips saat pompa air terendam banjir atau basah. Tulisan ini saya buat Berdasarkan pengalaman kerja yang saya temui di lapangan.

Pada dasarnya setiap barang elektronik seperti pompa air tidak terlalu masalah jika terendam air, namun dengan catatan bahwa barang elektronik tersebut dalam keadaan mati atau tidak hidup. Jadi, pada saat barang elektronik terendam air dan kondisinya mati atau tidak tercolok ke listrik maka hal tersebut tidak terlalu jadi masalah.

Yang menjadi masalah adalah saat barang elektronik tersebut terendam banjir lalu kita langsung menghidupkannya maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan. Untuk pompa air sendiri biasanya jika hal tersebut terjadi maka gulungan atau kumparan akan terbakar karena basah.

Menjadi hal yang penting adalah ketika pompa air terendam banjir maka kita jangan dulu untuk coba menghidupkannya. Setidaknya biarkan beberapa hari sampai pompa air tersebut kering.

Dan di bawah ini adalah beberapa tips saat pompa air terendam banjir atau basah yang bisa anda lakukan.

1. Pompa air jangan dihidupkan

Biarkan pompa air dalam keadaan mati atau tidak tercolok ke listrik hingga beberapa hari, jika bisa anda membuka bagian-bagian pompa air lalu mengeringkannya dengan cara dijemur dibawah sinar matahari.

Sementara jika kondisi mendung atau hujan Anda bisa melakukan pengeringan menggunakan hair dryer. Melakukan pengeringan sangatlah penting mengingat gulungan dinamo sangat sensitif terhadap air dan kemungkinan saat kumparan tersebut basah akan membuatnya konslet atau terbakar.

2. Bantuan kipas angin

Saat melakukan pengeringan pompa air terutama di bagian gulungan dan kelistrikan Kalian juga dapat menggunakan bantuan kipas angin.

Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeringkan nya tapi paling tidak kita sudah melakukan langkah awal pencegahan kerusakan.

Anda bisa membuka bagian mesin pompa air terutama di bagian kelistrikan untuk dikeringkan dengan kipas angin.

3. Pastikan sampai benar-benar kering

Anda harus memastikan bahwa pompa air dalam keadaan kering sebelum dihidupkan kembali karena jika tidak akan merusak gulungan dinamo dan juga kelistrikan dari pompa air tersebut.

Langkah paling baik adalah anda meminta bantuan kepada tukang service pompa air untuk membuka bagian-bagian komponen pompa air untuk selanjutnya dapat dikeringkan.

Mungkin itu saja tadi beberapa cara atau tips mengatasi pompa air yang terendam banjir. Namun jika pompa air sudah terlanjur rusak maka sebaiknya Anda meminta pertolongan kepada tukang service pompa air yang sudah berpengalaman, karena biasanya jika pompa air terendam air mengalami kerusakan sudah dapat dipastikan itu disebabkan karena gulungan dinamo yang terbakar.

Dan untuk mengatasi permasalahan ini biasanya kita harus melakukan gulung ulang dinamo atau perbaikan komponen komponen yang rusak tadi.


Artikel Terkait

Tips Saat Pompa Air Terendam Banjir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.