Friday, January 17, 2020

Beberapa Penyebab Yang Membuat Air Tanah Jelek Kuning Dan Berbau


Hallo temen-temen, permasalahan kerusakan pompa air bukan hanya terletak pada bagian elektronik atau pompanya saja. Terkadang hasil air yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus, seperti bau, kuning, karat atau bahkan asin.

Untuk daerah-daerah pesisir seperti daerah yang dekat dengan pantai, mungkin air yang agak asin atau sedikit karat merupakan hal yang biasa. Namun bagaimana jika posisi daerah yang terbilang memiliki sumber air yang bersih namun nyatanya malah menghasilkan air yang buruk. Berbau, asin, karat, kuning? apakah ini kesalahan dari pembuatan sumber bor atau ada masalah teknis lainnya?

Hal yang membuat sumber air berbau, kuning, berkarat, berpasir dan keruh


Baik, kita akan bahas permasalahan ini. Dan tulisan ini saya buat sesuai dengan pengalaman. Dan Berikut ini beberapa penyebab yang membuat air jelek kuning dan berbau.

1. PIPA CASING BOCOR

Didalam instalasi pompa jetpump atau pompa air yang bersumber pada air tanah terdapat pipa casing, adalah sebuah pipa besar yang dilalui dua pipa pompa jetpump. Pipa besar ini biasanya berukuran 3 inc ke atas.

Pipa ini berfungsi sebagai penjaga air dari sisi pipa masuk, agar air lebih jernih karena proses filterisasi yang alami. Jadi air dari atas kembali kesumber air melalui celah tanah. Jadi, pipa casing ini harus menjaga air atas tidak jatuh langsung ke instalasi bawah (sumber).

Panjang pipa casing biasanya 4 - 16 meter tergantung dari kedalam sumber. Untuk jetpump umumnya dengan kedalaman 30 meter biasaya pipa casing di pasang 6 sampai 8 meter.

Nah, terkadang pipa casing mengalami pecah atau keretakan, hal tersebut membuat air dari celah samping bawah tanah masuk ke instalasi sumber sumur dan jika sudah begitu maka akan membuat air menjadi keruh, bau bahkan kuning.

2. SUMBER AIR JELEK

Sumber air yang jelek terkadang juga bisa dialami meskipun sebenarnya kita pada daerah atau posisi tanah yang sebenarnya bagus. Hal ini cukup membingungkan, padahal sebelah rumah airnya bagus, tapi kok kita jelek ya?

Saya beberapa kali menemui permasalahan ini, dan setelah membuat lubang sumber baru, maka hasilnya cukup baik. Aneh memang, tapi terkadang memang seperti itu.

3. KURANG DALAM

Kedalaman tiap wilayah atau daerah bervariatif, ini bisa di lihat dari tekstur tanah dan sumber air. Di daerah jakarta kedalaman bisanya berkisar pada 20 meter - 60 meter.

Resiko sumur bor yang kurang dalam dapat membuat air menjadi tekor atau habis, dan resiko lainnya membuat air yang di hasilkan menjadi jelek. Bisa kotor, berpasir, bau, kuning dan lain sebagainya.

4  SUMBER TERLALU DEKAT KALI ATAU SELOKAN

Beberapa kali saya temui ketika melakukan perbaikan pompa air, kualitas air sangat buruk sekali. Ketika dicium maka air sangatlah berbau. Setelah di cek ternyata posisi sumber terlalu dekat dengan kali atau selokan.

Rembesan air kali atau selokan yang masuk ke sumber air bersih, terutama jika pipa casing bocor maka akan mencemari sumber air jetpump tersebut. Dan membuatnya agak berbau.

Untuk mendapatkan kualitas sumber air bersih yang baik maka sebaiknya sebelum melakukan pengeboran, anda bisa melakukan beberapa hal seperti menyeleksi tukang sumur bor yang benar benar berpengalaman, sumber air, posisi peletakan pompa dan titik pengeboran.




Artikel Terkait

Beberapa Penyebab Yang Membuat Air Tanah Jelek Kuning Dan Berbau
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.