Sunday, January 19, 2020

Ac Zaman Now Cepat Rusak ? Masa Seh ?


Ac zaman now cepat rusak ? Sebentar !!! Hmmmmmm.

Ah masa iya sih ? Tapi...... yap, bener !!! Diem dulu ya temen temen.

Dari pada kita cuma tebak menebak dan berpikiran buruk alangkah baiknya kita sedikit membahas beberapa kekurangan ac zaman old dan ac zaman now.

Ini sih biar tidak ada fitnah diantara kita saja ya, jadi bukan cuma omong kosong aja.

Bener atau enggaknya, terlepas dari anggapan beberapa orang, nyatanya memang ac keluaran zaman sekarang tidak segarang dulu bos.

Kita ambil contoh dari segi bahan material yang di pakai buat casing atau cover misalnya. Kalau zaman dulu kebanyakan ac menggunakan bahan besi atau seng yang terkesan kekar. Walaupun bukan besi yang tebalnya setengah meter, tapi itu sudah lebih dari cukup menunjukkan sisi keangkeran dari body si Ac tersebut.

Ya, memang sih tampilanya mungkin ngak se indah dan secantik Ac model sekarang, tapi kalo di liat dari segi bahan material, ya tetep ngak bisa ngalahin Ac zaman old deh.


Kompresor bagus mana? Kompresor Ac zaman dulu atau sekarang ?

Kalau melihat sisi ini, lagi lagi saya sih yakin kalau banyak orang juga yang sepakat dengan saya, kalau kompresor atau mesin ac zaman dulu itu lebih bagus dan oke. Cuma sayangnya konsumsi watt yang disedot sangat besar. Ambil contoh Ac ukuran 1 PK, konsumsi dayanya bisa diatas 900watt. Bandingin saja sama Ac zaman sekarang yang rata rata cuma menggunakan 600 - 700 watt di kelas standar ukuran 1 PK, itu masih ada pilihan watt rendahnya alias versi lowwatt yang konsumsinya bahkan ada yang hanya 290watt.

Tapi sekali lagi, kalau ngomongin awetnya, jangan di adu deh sama ac zaman jadul yang ketahananya bisa sampai tahunan bahkan 15 tahun keatas, sadis kan.

Lebih awet dengan tingkat keawetan yang ngak main main, saya sendiri pernah dapat pelanggan dengan ac yang masih menggunakan remote gantung?

Ac pakai remote gantung ? Emang ada? Nah ini dia, kalau sebagian pembaca belum ada yang tau , berarti bisa di bayangin dong itu ac keluaran tahun berapa? Hehe.

Tapi serius, saya pernah nemuin Ac dengan remote gantung beberapa bulan lalu, ya masih tahun 2018, akhir tahun tepatnya.

Itu ac jadul, remote gantung, dinginnya jangan di tanya, luar biasa deh. Cuma ada penggantian beberapa kali ( cukup wajar lah).

Namun ada satu fakta yang membuat saya sedikit terkejut adalah bahwa mesin kompresor tersebut belum pernah di ganti.

Wow , Ac tahun 90an? 80an kali ya, kurang tau juga saya itu ac keluaran tahun berapa, yang jelas Ac jadul lah.  Tapi kompresor belum pernah di ganti ? Edan.......

Ya, edan banget ngak sih. Kata pemilik Ac tersebut sudah berusia lebih dari 20 tahun. Sudah beberapa kali service perbaikan, tapi menurut saya itu cuma kerusakan ringan saja sih, karena hanya beberapa komponen penunjang saja yang diganti. Sementara mesin kompresor masih original bawaan merknya.

Bandingkan saja dengan Ac keluaran yang sekarang, bukan bermaksud mengecilkan atau menjelekkan. Tapi bicara fakta ya memang begitu kenyataannya.

Bahkan saya pernah banyak sekali menangani kerusakan Ac yang bahkan usianya belum genap 1 tahun, malah ada yang baru beberapa minggu saja.

Lalu kenapa Ac keluaran zaman sekarang sedikit kurang bagus ? Apakah memang karena kualitas part dan material yang dipakai tidak original atau bukan kelas terbaik?

Saya sih tidak berani berandai - andai. Tapi kalau boleh memberikan sedikit penilaian maka seharusnya sih produsen Ac zaman sekarang ini perlu untuk menaikan kualitas produk mereka.

Kalau berbicara soal fitur, mungkin Ac sekarang sudah berevolusi. Banyak kemajuan dari beberapa fungsi dan kelistrikan. Ada ion plasma, anti virus, model yang berubah lebih modern, banyak tambahan mode, inverter, listrik jauh lebih irit dan lain sebagainya.

Tapi sayang dengan kemajuan yang begitu besar tapi kok kualitasnya terkesan merosot. Jarang saya menemui Ac zaman sekarang ini yang benar benar awet sampai diatas 10 tahun.

Malahan mungkin lebih banyak yang hanya kuat usia dibawah 5 tahun. Kata kebanyakan teknisi sih bilangnya " udah untung banget deh Ac zaman sekarang bisa tahan 5 tahun".

Karena memang kalau boleh jujur kualitas Ac zaman sekarang sangat jauh jika di banding Ac zaman dulu dari segi kualitas keawetannya.

Ac zaman dulu memang edan banget deh. Dari kompresor, part, bahan material, pipanya, evap, kondensor dan lain lain. Beda banget sama Ac zaman sekarang, yang materialnya dan part seperti ringkih dan terkesan tidak oke.

Bagaimana penilaian kalian? Coba tulis di kolom komentar ya.


Artikel Terkait

Ac Zaman Now Cepat Rusak ? Masa Seh ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.