Tuesday, October 27, 2020

5 Keluhan Ac Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya




Berikut 5 Keluhan Ac Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya versi seputar dunia elektronik.


Ac merupakan perangkat elektronik yang sudah cukup penting di era sekarang ini. Tidak untuk kalangan atas saja, bahkan kalangan menengah kebawah sekarang ini banyak menggunakan Ac.


Bicara tentang Ac, kita juga harus tau beberapa keluhan yang biasa terjadi. Kadang Ac tidak selalu dalam keadaan baik, bisa saja pada suatu waktu Ac mengalami kerusakan atau keluhan.


Dan berikut ini 5 keluhan Ac yang sering terjadi dan cara mengatasinya :


1. AC BOCOR AIR 


Keluhan bocor Air sangat sering terjadi, dan sepertinya hampir terjadi pada setiap pengguna Ac. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya talang dan selang pembuangan. Untuk mengatasi ini kita hanya perlu melakukan pencucian Ac secara berkala.


Penting sekali kita melakukan perawatan Ac minimal 3 bulan sekali. Namun sayangnya, masih banyak sekali pengguna yang abai melakukan hal tersebut.


2. AC KURANG DINGIN


Ac kurang dingin bukanlah merupakan hal yang perlu di kuatir kan sebenarnya, karena bisa saja hal tersebut disebabkan oleh kondisi Ac yang terlalu kotor.


Kecuali jika kurang dinginnya disebabkan oleh kekurangan freon atau masalah pada kompresor.


Saat Ac terasa kurang dingin, Anda hanya perlu melakukan pencucian sambil meminta teknisi Ac melakukan pemeriksaan. 


3. Kedap Kedip ( Blink Timer Indikator )


Pada kasus lampu timer berkedip sebaiknya Anda memeriksa tekanan freon Ac, fungsi kipas dan kerja kompresor.


Blink lampu timer biasanya disebabkan oleh sensor eror yang membaca bahwa unit mengalami masalah. Terdapat sensor thermis batang yang akan membaca tingkat dingin pada Ac, jika sensor ini tidak menangkap hawa dingin maka akan membuat lampu timer blink atau berkedip.


Perhatikan tekanan freon, putaran kipas dan kompresor. Pastikan semua dalam keadaan baik. Minta bantuan kepada tukang Ac yang benar benar berpengalaman.


4. AC BERISIK


Pada kasus Ac berisik bisa disebabkan oleh adanya baut body atau cover yang kendur, bisa juga karena motor fan dan juga suara kasar kompresor.


Pastikan melakukan pengencangan baut body jika memang suara terjadi karena kendurnya cover body. Jika dari kompresor maka ini mungkin lebih serius. Bisa jadi kompresor mengalami kekurangan oli atau paling parah merupakan tanda bahwa kompresor akan mengalami kerusakan parah.


Untuk motor fan atau kipas mungkin disebabkan karena bering kipas yang sudah Aus. Mengganti bearing mungkin bisa dilakukan.



5. AC MATI TOTAL


Kasus ini biasanya disebabkan oleh kerusakan fuse sikring, arus listrik terputus dan paling parah kerusakan mainboard atau modul.



Pastikan arus masuk kedalam sistem Ac, Anda bisa memeriksa fuse sikring jika terputus. Jika arus masuk dan fuse aman namun tetap mati. Maka mungkin modul mengalami kerusakan.



Demikian tadi beberapa kerusakan Ac yang biasa terjadi. Jika Anda mengalami hal hal diatas maka lebih disarankan untuk meminta bantuan tukang Ac yang sudah berpengalaman.

Artikel Terkait

5 Keluhan Ac Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.