Monday, October 26, 2020

Service Besar Ac Rumah, Seberapa Pentingkah ?



Service Besar pada Ac Rumah biasanya dilakukan atas dasar beberapa pertimbangan. Mulai dari bocor air hingga Ac yang kurang dingin.


Seberapa pentingkah sebenarnya melakukan Service Besar pda Ac ? Tentunya ini balik lagi kepada tujuan dan keluhan dari Ac itu sendiri.


Saya sendiri akan menganjurkan kepada pelanggan untuk melakukan service besar jika dingin pada Ac sudah jauh berkurang. Tentunya jika kurang dingin disebabkan oleh kotoran yang teramat amat, ditambah lagi jika terdapat keluhan lainnya seperti bocor Air.


Perlu diketahui bahwa mencuci dengan cara biasa tidak akan mampu membuat unit bersih secara menyeluruh. Akan ada sedikit kotoran tertinggal di evap belakang dan talang pembuangan ( talang belakang).


Terutama jika pencucian Ac dilakukan asal - asalan sehingga masih banyak kotoran tertinggal. Kotoran ini akan menumpuk dan membuatnya melekat kuat di evap bagian dalam.


Biasanya tekanan air pada alat cuci Ac tidak akan mampu mendorong kotoran, lumut dan kerak secara total. Kecuali kita mengangkat bagian evapnya sedikit. Sayangnya kebanyakan teknisi enggan untuk melakukannya. Ya, jadi mereka lebih memilih untuk melakukan pencucian secara biasa saja.


Nah, jika kotoran ini menumpuk terus menerus akan membuat hembusan angin menjadi kurang maksimal. Biasanya di tandai dengan suara hembusan angin Ac yang tersendat, inilah yang akan membuat Ac menjadi tidak dingin.


Belum lagi berbicara tentang keluhan bocor air yang disebabkan oleh kotoran yang menempel di talang Ac bagian belakang, melakukan service besar dengan menurunkan unit indoor bisa menjadi pilihan paling tepat.


Hasil yang didapat saat kita melakukan service besar tentunya akan membuat Ac lebih bersih dan membuat Ac jauh lebih dingin, terutama saya memasang kembali di lakukan vacum dan penggantian freon.


Sejauh ini, dengan melakukan service besar kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik ketimbang kita melakukan service Ac secara biasa.


Untuk service besar biasanya kita dianjurkan untuk melakukannya minimal 3 tahun sekali. Ini penting untuk menjaga kondisi Ac tetap prima.


Biaya service besar pada Ac bervariasi, tergantung patokan ongkos dari penyedia jasa di setiap daerah. Di Jakarta sendiri, biasanya berkisar diantara 350ribu sampai 450ribuan.


Apakah ini terlalu mahal? Mengingat manfaat dan tenaga yang dikeluarkan saya pikir ini masih masuk akal. Apalagi jika manfaatnya bisa membuat Ac menjadi jauh lebih dingin.


Namun semua kembali kepada Anda semua, karena keputusan melakukan service besar tergantung dari Anda dan tergantung dari keluhan Ac itu sendiri.


Artikel Terkait

Service Besar Ac Rumah, Seberapa Pentingkah ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.