Tuesday, October 27, 2020

AC Merk LG Sering Bocor Di Bagian Evap Indoor




Berbekal pengalaman service Ac yang sering saya temui dilapangan. Ada berbagai merk Ac yang memiliki kekurangan dalam hal seringnya mengalami kebocoran freon. Salah satunya adalah merk LG.


Salah satu penyebab kenapa Ac merk LG sering bocor mungkin dari segi kualitas pipa yang dipakai. Baik pipa evap, kondensor dan material lainnya.


Material pipa Ac LG tidak terlalu tebal bahkan cenderung sangat tipis. Bukan bermaksud menjelekkan tapi memang kenyataannya seperti itu.


Apakah material pipa yang tipis menandakan bahwa kualitasnya jelek ? Tidak juga !!.


Ada beberapa kelebihan mengenai material pipa yang tipis, salah satunya adalah lebih cepat dalam menghasilkan hawa dingin.


Mungkin itu yang menjadi pertimbangan Ac keluaran korea ini menggunakan material pipa yang tipis. Mungkin untuk menghasilkan udara yang lebih cepat dingin.


Saya sendiri tidak tau seefektif apa dan korelasinya bagaimana. Tapi, sekali lagi ini hanya asumsi saya saja. Bahwa pipa yang tipis akan membuat hasil dingin menjadi lebih cepat ketimbang menggunakan material pipa yang jauh lebih tebal.


Sebut saja panasonic dan national, terutama keluaran lama seperti national yang memiliki material pipa cukup tebal, sangat lama sekali dalam menghasilkan hawa dingin.


Namun ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh harusnya. Cuma ya, mungkin saja itu yang membuat Ac LG menggunakan material pipa yang lebih tipis. Agar tingkat dingi  lebih cepat dihasilkan.


Memang kadang ada juga Ac merk LG yang kuat sampai tahunan, tapi sayangnya sebagai teknisi sayacukup sering menemukan kasus kebocoran pada Ac merk LG.


Yang paling sering terjadi adalah kebocoran pada bagian evap indoor. Diluar kasus kebocoran tadi, nilai plusnya adalah Ac merk LG ini mampu menghasilkan udara dingin lebih cepat. Dari segi kompresor atau mesin pun terbilang cukup bandel.


Kesimpulannya adalah memang Ac LG sering sekali bocor. Tapi ya bukan jelek atau kualitasnya rendahan. Mungkin sebaiknya sih, LG sudah mulai harus memperbaiki kekurangan ini. Supaya lebih kuat lagi kali ya. Apalagi merk LG sudah bisa dibilang merk Ac yang memiliki nama besar. Harusnya sih bisa lebih baik lagi dalam memberikan nilai lebih kepada konsumennya.


Walaupun memang kebanyakan Ac keluaran baru sekarang ini material bahannya memang tipis tipis semua. Mungkin untuk menghemat biaya produksi kali ya. Karena mungkin mereka juga harus menyesuaikan biaya produksi dengan nilai jual yang murah.


Tau sendiri kan, Ac saat ini cukup terjangkau dan boleh dibilang cukup murah.  Makin murah tentunya kualitas juga makin turun, beda dengan  keluaran Ac jaman jaman dulu yang kualitasnya ngak perlu diragukan lagi.


Artikel Terkait

AC Merk LG Sering Bocor Di Bagian Evap Indoor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.